Kesehatan Reproduksi Pada Wanita

Kesehatan Reproduksi Pada Wanita
Tipssehat.org - Kesehatan Reproduksi Pada Wanita | Sebagai seorang wanita, menjaga kecantikan dan penampilan adalah hal yang lumrah dan biasa dilakukan untuk tetap tampil percaya diri dan membuat orang – orang di sekitarnya nyaman. Namun, ada satu lagi hal penting yang harus selalu diingat oleh kaum wanita yakni mengenai kesehatan reproduksinya.

Kesehatan alat reproduksi harus senantiasa diperhatikan dan dijaga oleh para wanita yang menjadi tanggung jawab sendiri. Hal ini wajib dilakukan supaya terhindar dari berbagai penyakit terutama penyakit yang menyerang alat reproduksi wanita yang sampai saat ini menjadi penyakit yang ditakuti oleh hampir seluruh wanita di dunia ini.

Agar kesehatan sistem reproduksi Anda tetap terjaga, berikut adalah tips – tips yang dapat diikuti untuk menjaga kesehatan reproduksi agar tetap sehat:

Kebersihan Optimal Saat Menstruasi
Sering mengganti pembalut saat sedang menstruasi apalagi apada saat hari – hari pertama datangnya haid karena umumnya pada hari awal, darah yang dikeluarkan cukup banyak. Jika pembalut tidak sering diganti tentu saja kuman di area sensitif akan bertahan lebih lama dan bakteri berakumulasi sehingga menimbulkan masalah kewanitaan seperti gatal – gatal.

Jangan Memasukkan Jari
Sebisa mungkin tidak memasukkan jari ke dalam vagina dengan tujuan untuk masturbasi atau bertujuan untuk membersihkan bagian dalam vagina. Kegiatan ini dapat membunuh bakteri loctobacili yang melindungi keasaman vagina dan memperbesar kemungkinan untuk iritasi kulit. Jika ingin membersihkan daerah kewanitaan cukup membasuhnya saja

Hindari Sabun Shower Gel
Kurangi atau hindari penggunaan sabun yang berbusa atau shower gel saat membersihkan vagina karena jenis sabun ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan gatal bahkan dapat membuat daerah kewanitaan menjadi kondisi kering. Bersihkan Alat Kemaluan Setelah Berhubungan Intim Cucilah alat vital dan daerah kewanitaan menggunakan air bersih setelah melakukan hubungan intim. Diajurkan pula untuk buang air kecil setengah jam setelah berhubungan sex agar tidak terjadi infeksi pada saluran kemih.

Jangan Sering Mencukur Bulu Kemaluan
Jangan terlalu sering membersihkan bulu kemaluan karena dapat membuat daerah kewanitaan mengalami infeksi atau iritasi. Bahkan dalam beberapa kasus, mencukur bulu kemaluan terlalu sering juga dapat menyebabkan vagina menjadi bengkak dan bernanah. Jika hendak mencukur bulu kemaluan, kebersihan alat cukur harus sangat diperhatikan. Pastikan alat tersebut steril. Jika perlu bersihkan lebih dulu dengan alkohol

Waspadai Keputihan

Periksalah ke dokter apabila mengalami keputihan dengan lendir yang berwarna kekuningan dan bau sangat tidak sedap. Pilih Pembersih Dengan pH Sesuai Gunakan pembersih khusus kewanitaan dengan kadar ph yang sesuai agar tidak terjadi alergi.

Dengan mengetahui dan melakukan tips – tips di atas, kebersihan dan kesehatan reproduksi wanita dapat terjaga dengan baik. Hal ini juga dapat menurunkan resiko untuk mengalami masalah – masalah pada sistem reproduksi...

0 komentar

Post a Comment