Cara Mengenali Ciri Ciri Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

KESEHATAN  Tips Kesehatan & Kecantikan (Cara Menghilangkan Jerawat) - Kali ini akan membagikan informasi Cara Mengenali Ciri Ciri Perkembangan Bayi Usia 4  Bulan. Kenali lebih dini perkembangan pada bayi kita supaya kesehatannya terjaga. Yuk para ibu mariu kita simak artikel berikut ini.



Sebagai orang tua, menyaksikan perkembangan – perkembangan yang terjadi pada sang buah hati adalah sebuah kebahagiaan tersendiri yang tidak dapat diukur dengan kata - kata. Bayi memiliki fase perkembangan yang berbeda dan berurutan dari bulan ke bulan bahkan tahun ke tahun. Pada fase ini kesehatan pada bayi harus lebih diperhatikan karena mudah sakit.

Cara Mengenali Ciri Ciri Perkembangan Bayi Usia 4  Bulan
Tengkurap 
Pada usia 4 bulan, bayi sudah bisa tengkurap dan melakukan gerakan kembali atau agak mengguling untuk kembali ke posisi telentang tanpa harus dibantu oleh orangtua. Proses tengkurap dimulai dari bayi mampu memiringkan badannya ke samping kanan atau samping kiri.
Bayi sebenarnya sudah belajar berguling sudah sejak saat ia berusia sekitar 2 bulanan. Untuk usia empat bulan ini, bayi tengkurap dengan menggunakan tumpuan utama bagian perut. Ketika terlentang, pandangan bayi akan lurus ke depan. Kaki dan lengannya pun akan lebih aktif dalam bergerak baik saat tidur maupun saat digendong. Pada posisi tengkurap bayi sudah dapat mengangkat kepalanya sendiri.  
Mengangkat Kepala 
Perkembangan bayi 4 bulan ini akan ditandai dengan kemampuan bayi untuk mengontrol gerakan atas kepala dan lehernya. Saat tengkurap ataupun saat digendong, bayi berusia 4 bulan akan dapat mengangkat kepalanya hingga sudut 45 derajat dan menjadikan tangannya sebagai penopang saat buah hati sedang tengkurap. Kemampuan mengangkat kepala ini dibarengi dengan ketajaman penglihatan dan mendengarkan suara yang ada di sekelilingnya.  
Berteriak 
Mengeluarkan suara teriakan gembira dan sering tersenyum atau tertawa. Saat bayi ada pada usia 4 bulan ini, bayi akan menunjukkan kemampuannya dalam berteriak girang. Bayi akan mengeluarkan suara yang merupakan teriakan – teriakan kecil. Teriakan yang dihasilkan oleh bayi pada usia ini mencermikan kegembiraan bila diiringi dengan senyum atau tawa  
Memegang Benda di Sekitarnya 
Pada usia ini bayi sudah mulai suka memegang berbagai benda yang ada di sekitarnya, khususnya yang berwarna mencolok. Walaupun demikian, benda yang dipegang oleh bayi kadang masih sering lepas karena tangan mungilnya masih belum mampu memegang sesuatu dengan kuat. Selain memegang berbagai benda, bayi pada usia 4 bilan juga sering mencoba memasukkan apapun yang ia pegang ke mulutnya. Oleh sebab itu, bayi dengan usia ini harus mulai diawasi lebih karena benda – benda tersebut tidak steril dan terdapat kuman 
Mengkomunikasikan Keinginan 
Pada usia 4 bulan, orangtua harus mulai jeli mengenali emosi dan keinginan si kecil. Bayi sudah dapat mengkomunikasikan keinginannya secara lebih jelas sehingga Anda harus dapat lebih jeli memahami kebutuhan dan keinginan si kecil. Bayi akan berteriak bila keinginannya tak dipenuhi. Pada usia ini, bayi juga sudah dapat merasakan emosi orangtuanya. Bila Anda berbicara dengan si kecil dengan nada yang lebih tinggi, ia akan terdiam. Ia juga sudah mengenali mimik raut wajah sehingga jika Anda memperlihatkan mimik wajah yang sedih juga akan berpengaruh terhadap emosi bayi.
Demikian ulasan mengenai ciri-ciri perkembangan bayi 4 bulan ini kami sajikan, semoga anda lebih jeli mengetahui akan perkembangan-perkembangan bayi pada setiap bulannya.

Simak pula artikel yang membahas perkembangan bayi lainnya berikut ini :
>> Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan
>> Kenali Ciri-ciri Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

0 komentar

Post a Comment