Awas Bahaya Minum Menggunakan Botol Bekas

Tipssehat.org,  Awas Bahaya Minum Menggunakan Botol Bekas - Air minum merupakan hal yang harus dibawa saat kita bepergian baik itu ke kantor, sekolah, olahraga, atau saat hunting sekalipun. Namun, apakah dibalik air mineral yang Anda bawa terjamin kesehatannya ? Simak penjelasan lengkapnya  di bawah ini.

Awas Bahaya Minum Menggunakan Botol Bekas
Awas Bahaya Minum Menggunakan Botol Bekas - tipssehat.org
Kita memang wajib menggunakan barang-barang yang masih bisa dipakai berkali-kali. Karena dengan melakukan ini kita bisa mengurangi sampah pada lingkungan. Seperti misalnya dalam penggunaan botol mineral bekas yang Anda gunakan kembali sebagai bekal minum Anda.

Khusus dalam kasus menggunakan botol air mineral bekas sebaiknya Anda mempertimbangkan ulang, sebab dibalik botol bekas yang Anda gunakan terdapat bahaya yang dapat merusak kesehatan tubuh.
Baca Juga :  Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes
Di kutip dari laman sumber lifehack.org, Ada 3 hal penting yang wajib Anda ketahui sebelum mengisi ulang botol air bekas, diantaranya :

1. Bakteri Dapat Berkembang biak Dalam Botol Bekas

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan botol bekas dalam penggunaan yang berkepanjangan, dapat menjadi kesempatan berkembangnya jenis-jebis bakteri jahat. Studi dari University of Calgary membuktikan hal ini dengan ditemukannya kandungan kadar bakteri tinggi dalam botol air siswa .

Ini disebabkan oleh botol air yang digunakan selama beberapa hari tanpa dicuci, dan botol air berada pada  suhu kamar sepanjang hari, yang akhirnya mempermudah bakteri untuk berkembang biak dengan ganas.

Dan yang perlu di waspadai adalah botol air yang dapat digunakan kembali (seperti misalnya tupperware) dapat memungkinkan terkontaminasi mikroba jika tidak dirawat dengan baik.

Jika Anda memiliki botol yang dapat digunakan kembali, pilih dengan ukuran mulut lebar, karena dengan seperti ini Anda akan menjadi mudah dalam membersihkannya.
TIPS TERBAIK : Gunakan botol air sekali pakai.
2. Walaupun Botol Bekas di Cuci Akan tetap terjadi Kebocoran Bahan Kimia

Dalam hal ini, Sepertinya sudah sering Anda lakukan yaitu "mencuci botol bekas menggunakan air hangat dan sabun". Tapi tahukah Anda hal yang sering Anda lakukan ini sangat tidak dianjurkan dalam hal kesehatan. 

Menggunakan air panas dengan tujuan membersihkan botol air bekas itu adalah hal yang sangat berbahaya . Tahukah apa penyebabnya ?

Bahan plastik yang terdapat dalam botol mineral tidak dirancang untuk dipanaskan. Dan apabila dipanaskan kemungkinan besar bahan kimia dapat meresap keluar dari bahan plastik dan segera menyebar ke dalam cairan (air minum).
TIPS TERBAIK : Gunakan botol air sekali pakai.
3. Bakteri Bersarang Banyak Pada Bagian Mulut Botol Bekas

Botol minuman bekas merupakan tempat yang nyaman untuk singgah bagi para bakteri , Terutama pada bagian mulut botol.


Apa yang menjadi bahaya bagi Kesehatan dalam bakteri yang berada pada mulut botol ?  

Salah satu studi membuat praktik botol air mineral bekas  yang digunakan selama seminggu, dan sengaja  tidak mencucinya. Dan pada di akhir minggu, para ilmuwan mengambil swab(hasil) dan pada bagian area mulut botol. Para ilmuwan menginokulasikan bakteri tersebut, dan menemukan bakteri yang dapat mengakibatkan seseorang keracunan.
TIPS TERBAIK : Gunakan botol air sekali pakai.

0 komentar

Post a Comment