Kenali Ciri-Ciri Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Tips Kesehatan & Kecantikan (Cara Menghilangkan Jerawat) - Bayi merupakan makhluk mungil ciptaan Tuhan yang sangat menggemaskan. Jika membayangkan perkembangannya sejak dalam kandungan hingga Ia lahir ke dunia sangat unik dan menakjubkan. Bagi seorang ibu pasti tidak bisa diungkapkan dengan kata – kata semua keajaiban dan anugrah yang dikaruniakan Tuhan pada buah hati Anda yang mungil ini.
Sebagai seorang ibu, melihat perkembangan si buah hati pasti menjadi satu hal yang sangat menyenangkan dan membanggakan hati. Apalagi jika si kecil tumbuh dengan normal dan optimal.
Kenali Ciri-Ciri Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan
Perkembangan bayi sangatlah unik dan menarik bagi para orang tua apalagi jika baru menjadi orang tua baru. Sebagai orang tua baru, penjelasan tentang perkembangan bayi pada setiap bulannya sangat diperlukan. Perkembangan penting pada bayi terjadi pada saat usia 6 bulan.
Pada usia 6 bulan, usia ini merupakan adaptasi untuk orang tua baru akan anugrah Sang Kuasa si buah hati tercinta. Bagi para orangtua, berikut ini adalah beberapa perkembangan yang terjadi ketika bayi sudah mulai berusia 6 bulan : 
Sering Memegang Berbagai Benda dan Memasukkan Benda ke Mulut 
Pada perkembangan bayi usia 6 bulan kemampuan bayi akan belajar untuk memaksimalkan kemampuan jari jemari sang bayi dengan sebaiknya. Hal ini diperlihatkan dengan seringnya bayi memegang benda – benda yang Ia temui, selain itu, kebiasaan yang memerlukan perhatian khusus adalah setelah memegang benda di sekelilingnya, bayi berusia 6 bulan akan segera memasukkan apa yang sedang ia pegang ke dalam mulut mungilnya. Hal inilah yang harus menjadi perhatian khusus orang tua agar tidak terjadi hal – hal yang tidak dikehendaki.
Sebenarnya, hal tersebut dapat terjadi karena buah hati kita sedang berada pada tahap identifikasi terhadap benda – benda di sekitarnya . Selain memasukkan benda ke dalam mulut, proses identifikasi juga bayi mereka lakukan dengan menggenggam, memukulkan, dan memindahkan benda yang berada di tangan kiri ke kanan atau sebaliknya.  
Melihat Dengan Lebih Jeli 
Kemudian, perkembangan bayi usia 6 bulan ini juga menunjukkan perkembangan indera penglihatan buah hati juga sedang berkembang dengan sebaik – baiknya. Bayi pada usia 6 bulan ini akan sangat jeli dalam melihat apapun yang berada di sekitar mereka. Entah itu orang – orang atau benda – benda. Jadi, pada usia ini bayi sudah lebih bisa mengenali orang – orang yang berada di sekitarnya. Senang Bersosialisasi Pada usia 6 bulan bayi sudah mulai senang untuk terlibat dengan kegiatan bersama dengan orang – orang di sekitarnya. Si kecil juga ingin diperhatikan dan ia sudah mulai mengenali orang – orang yang ada di sekelilingnya.
Saatnya MPASI 
Perkembangan bayi usia 6 bulan adalah sudah boleh diberi makanan pendamping ASI atau MPASI karena kebutuhan nutrisinya yang semakin banyak dan tidak cukup hanya dengan diberi ASI. MPASI yang diberikan untuk si kecil sebaiknya masih bertekstur lembut dan mengandung semua nutrisi yang ia butuhkan.
Demikian beberapa ulasan perkembangan bayi usia 6 bulan ini semoga dapat membantu perkembangan anak anda dengan baik sehingga dapat tumbuh dengan cepat dan sehat.

0 komentar

Post a Comment