Ciri-ciri Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Ciri-ciri Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan - Kepintaran bayi berusia lima bulan akan membuat para orang tua berdecak kaum. Dalam usia ini, buah hati Anda akan mengalami masa perpindahan atau transisi. Perkembangan Bayi 5 Bulan ini akan ditandai dengan peniruan suara – suara yang didengar oleh bayi walaupun tiruannya masih berupa gumaman yang berulang. Pada usia inilah kemampuan berbahasa buah hati kita mulai berkembang. Perkembangan Bayi 5 Bulan juga diperlihatkan oleh semakin aktifnya aktivitas fisik sang anak dimulai dari gerakan kaki hingga tangannya. 

Perkembangan unik pada usia ini adalah buah hati sudah mulai bisa tertawa jika mengalami hal – hal yang menurut mereka lucu seperti tertawa saat mendengar robekan kertas, tertawa mendengar suara terompet, dll. Penjelasan lebih lanjut mengenai perkembangan si buah hati saat usianya menginjak 5 bulan adalah sebagai berikut:  

Ketangkasan Motorik 
  • Si kecil sudah dapat tengkurap dan berguling – guling kembali ke posisi awal. 
  • Sudah dapat duduk secara tegak dalam kurun waktu lebih lama. Saat duduk sebaiknya bagian punggungnya disangga dengan bantal sehingga si kecil dapat duduk lebih lama. 
  • Bayi memiliki kekuatan genggaman yang sangat kuat dibandingkan dengan usia sebelumnya di mana saat bayi berusia 4 bulan benda yang dipegang oleh si kecil masih sering lepas. Oleh karena itu, orang tua harus lebih giat lagi melakukan pengawasan agar barang – barang berbahaya tidak masuk ke dalam mulutnya. 
  • Bayi usia 5 bulan sudah mulai belajar merayap.  

Jam tidur 
Menginjak usia 5 bulan akan membuat bayi sudah memiliki jam tidur yang teratur saat pagi dan setiap siangnya. Pada umumnya, perkembangan bayi 5 bulan adalah bayi tidur pada saat pagi hari dan siang hari setelah disuapi. Dalam keadaan kenyang, biasanya kualitas tidur si bayi akan lebih bagus. Oleh sebab itu pastikan Anda menyuapi si kecil secara teratur. Bila si kecil tidur dalam posisi lapar, ia akan cenderung rewel, tidurnya tidak nyenyak, dan waktu tidurnya juga lebih sedikit.  

Mampu berkomunikasi dengan Orang Lain 
Perkembangan Bayi 5 Bulan yang lebih terlihat menonjol lagi adalah sudah dapat berbicara maksimal dua suku kata. Kata –kata yang muncul di awal adalah ma – ma atau pa – pa atau yang lainnya. Selain itu, di usia ini, Si kecil sudah dapat mengenali serta memahami bahasa dan maksud dari orang lain yang berbicara kepadanya. Anak pada usia ini juga sudah dapat membedakan dua hal atau lebih yang berbeda. Misalnya ketika menunjuk ibunya maka Ia akan bicara “ma – ma” dan ketika yang ditunjuk adalah ayah maka Ia akan bicara “pa – pa” atau “a –yah”. Dan lain sebagainya. Itulah kebahagiaan tersendiri jika dapat menyaksikan tumbuh kembang buah hati kita secara langsung.

Demikian ulasan mengenai perkembangan bayi uisa 5 bulan ini semoga bermanfaat. Teruslah perhatikan perkembangan - perkembangan bayi anda jangan sampai bayi kita mengalami keterlambatan dalam perkembangan. Jika terjadi hal seperti itu segeralah konsultasi dengan dokter.
Lihat pula artikel yang membahas perkembangan bayi lainnya berikut ini :
>> Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan
>> Ciri-ciri Perkembangan Bayi 4 Bulan
>> Tips Memilih Makanan Bayi Yang Baik
>> Cara Merawat bayi Baru Lahir
>> Tips Memilih Susu Bayi Yang Sehat   
>> Tips Perawatan Ibu Hamil

0 komentar

Post a Comment