11 Jenis Tanaman Obat Tradisional dan khasiatnya

11 Jenis Tanaman Obat Tradisional dan khasiatnya - Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam jenis flora dan fauna. Banyak sekali tumbuhan dan tanaman yang hidup di Negara yang kaya akan budaya ini. Beberapa tanaman yang tumbuh subur di sini banyak yang dimanfaatkan sebagai bahan herbal atau tanaman obat.

 11 Jenis Tanaman Obat Tradisional dan khasiatnya

Pengetahuan tentang tanaman obat pada awalnya besumber dari nenek moyang dan berlaku turun temurun dan diterapkan hingga sekarang. Namun, ternyata hasil riset yang dilakukan para ahli juga menunjukkan bahwa tanaman – tanaman tersebut memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan, termasuk dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Mau tahu apa saja tanaman obat yang dimiliki Indonesia dan manfaatnya? Berikut ini adalah 11 daftar tanaman yang memiliki manfaat untuk kesehatan:

1.Buah delima
Buah ini memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Buah ini mengandung banyaj antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh, menghilangkan racun dari dalam tubuh (detoksifikasi), menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke serta membantu menurunkan tekanan darah. Buah delima dapat dimakan begitu saja untuk mendapatkan manfaatnya.


2.Tanaman Ciplukan
Tanaman atau buah ini banyak ditemukan di sawah pada musim kemarau dan dijual dengan harga yang murah. Banyak yang menyepelekan tanaman liar ini tetapi ternyata selain rasanya enak, buah ciplukan juga dapat mengobati berbagai penyakit seperti sakit tenggorokan, pembengkakan buah zakar, bronkhitis, gondongan, diabetes, sakit paru-paru, prostat, dan epilepsi.   

3.Jambu biji
Daun jambu biji dapat mengobati sakit diare dengan cara mengunyah daun yang masih muda dan telah dicuci bersih mentah – mentah. Begitu juga dengan buah jambu biji. Buah tersebut dapat mengobati diabetes, maag, dan sering buang air kecil.  

4.Jeruk Nipis
Buah yang sangat asam ini sangat segar jika dibuat minuman. Namun, selain itu, tanaman ini dapat dijadikan sebagai tanaman obat yang kaya akan vitamin C, kalsium, asam amino, dan belerang. Zat – zat tersebut sangat bermanfaat untuk mengobati radang hidung, kegemukan, vertigo, sakit tenggorokan, sembelit, ambeien, menambah nafsu makan, haid tidak teratur, flu, bau badan, dan mencegah ketombe. Buah jeruk nipis juga dapat dijadikan sebagai buah alami untuk detoksifikasi alami. Caranya, pagi – pagi setelah bangun tidur peras jeruk nipis dan campurkan sarinya ke dalam satu gelas air hangat. Minum ramuan ini setelah bangun tidur di pagi hari.   

5.Jahe
Tanaman ini merupakan tanaman umbi yang mengandung zat oleoresin yang digunakan sebagai antioksidan. Manfaat jahe bagi kesehatan antara lain dapat mengobati migrain, menurunkan kadar kolesterol, melindungi lemak dari oksidasi, dan sangat berfungsi bagi daya tahan tubuh.  


6.Jati Belanda
Tanaman obat yang satu ini dapat mengobati batuk, sakit perut, kembung, kolera, sembelit, menguruskan tubuh, dan adstringens.  

7.Seledri
Tanaman seledri dikenal sebaai salah satu bumbu dalam memasak. Namun, tidak hanya digunkan untuk memasak saja, tanaman ini memiliki berbagai khasiat sebagai obat bagi penderita penyakit asam urat. Caranya, pembuatannya sangat mudah yaitu dengan merebus beberapa batang seledri dan minum pada waktu pagi sebanyak setengah gelas.   

8.Pasak Bumi
Pasak bumi adalah tanaman yang tumbuh subur di daerah Indonesia, Thailand dan Malaysia. Tanaman Pasak bumi terkenal berkhasiat untuk pengobatan penyakit masalah kelelakian misanya ejakulasi dini, Meningkatkan gairah dan stamina sexsual lelaki, Menghilangkan keletihan akibat kerja berat, Memperbaiki kualitas sperma dan memperbanyak produksi sperma dan Meningkatkan kualitas ereksi. Pasak bumi biasanya mudah kita temukan di apotik2 dan sudah disediakan dalam berbentuk obat.  

9.Mengkudu
Tanaman Mengkudu memiliki buah rasa yang baunya sangat menyengat. Namun, disamping baunya yang menyengat buah mengkudu ini sangat baik dan berkhasiat untuk kesehatan yakni dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit jantung koroner. Caranya sangat mudah, cukup dengan membuat jus mengkudu menjadi jus dan ditambahkan madu diminum dua kali sehari secara teratur.

10.Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya dikenal sebagai tanaman hias. Namun, tidak hanya sebagai tanaman hias saja, lidah buaya ini berkhasiat merawat kesehatan rambut. Caranya, cukup mudah yaitu dengan mengambil lender dari dalam daun lidah buaya kemudian oleskan kepada rambut sampai merata.   

11.Belimbing
Buah belimbing memiliki rasa yang manis dan bentuknya yang unik. Selain dari itu buah belimbing juga baik digunakan untuk kesehatan yakni dapat menurunkan kadar kolestrol tinggi. Caranya cukup mudah cukup dengan mengkonsumsinya setelah makan atau dibuatkann jus dengan di tambahkan madu dan gula secukupnya.

0 komentar

Post a Comment