Tips Memilih Makanan Bayi yang Baik

Saat usia bayi menginjak enam bulan, sebagai orang tua pasti kita sudah akan mulai memilah dan memilih jenis makanan apa yang akan diberikan kepada sang buah hati sebagai pelengap nutrisinya selain ASI yang sudah bayi dapatkan selama ini. Fase pertama kali memilih makanan bayi adalah pengalaman sangat menggembirakan bagi orang tua khususnya Ibu. 

Pemilihan makanan pertama bayi yang merupakan pendamping ASI harus dipilih dengan teliti dan seksama agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan dan tujuan utama untuk memenuhi asupan gizi yang harus bayi dapatkan untuk melengkapi ASI. Sebagai ibu atau orang tua, pentinglah untuk bertindak bijaksana dalam memilih makanan bayi yang cocok untuk sang buah hati.

Berikut ini adalah tips yang dapat dilakukan saat Anda memilih makanan untuk bayi: 
Mengenalkan makanan bertekstur semi-padat 
Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa jenis makanan yang bertekstur semi – padat sebaiknya diberikan pada buah hati saat ia mulai memasuki usia 6 bulan. Sistem pencernaan dalam usia ini mulai terbentuk sempurna sehingga dapat dibilang sudah siap dalam menerima asupan makanan selain ASI. Makanan semi padat ini dapat berupa bubur nasi  

Jangan menambahkan garam dan pemanis
Jangan menambahkan garam ataupun pemanis alami gula apalagi pemanis buatan ke dalam makanan yang akan disuapkan pada sang buah hati. Hal ini akan membantu buah hati Anda untuk mengenali rasa – rasa yang alami, tidak berlebihan sehingga hingga besar nanti Ia akan terbiasa dengan makanan yang memliki rasa tidak mencolok atau berlebihan. Selain itu, asupan garam dapat menjadi masalah bagi ginjal si kecil jika berlangsung lama. Sedangkan rasa manis yang muncul pada gula akan membuat bayi ketagihan sehingga Ia akan cenderung mau makan jikalau rasa makanan yang Ia makan manis bahkan hingga dewasa. Hal ini akan sangat berdampak bagi kesehatan giginya. Memberi makanan dengan rasa yang ‘polos’ juga akan membantu anak tidak pilih – pilih makanan ketika ia tumbuh besar nanti   

Buatlah menu makanan bayi dengan racikan sendiri
Menu pendamping ASI merupakan makanan yang cukup simple dan mudah untuk dibuat sendiri. Anda dapat memanfaatkan blender yang ada di rumah untuk membuat makanan bayi yang jauh lebih sehat untuk buah hati Anda. Misalnya buah-buahan, sayuran atau daging yang diblender bersama dengan nasi. Melalui hal ini justru Anda dapat secara langsung mentakar asupan gizinya sehingga asupan gizi dan nutrisi si kecil benar – benar terpenuhi.

Sayuran yang dapat diberikan untuk bayi misalnya brokoli, kentang, wortel, bayam, labu, dll. Pastikan sayuran tersebut dimasak dengan matang dan diblender. Untuk buah, sebaiknya berikan buah dengan tekstur yang lembut seperti buah pisang dan pepaya.

0 komentar

Post a Comment