Penyakit Gula, Gejala dan Faktor Penyebab

Penyakit Gula, Gejala dan Faktor Penyebab - Penyakit gula atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan penyakit diabetes adalah salah satu penyakit kronis dimana tubuh mengalami kelebihan kadar gula dalam darahnya yang disebabkan oleh produksi insulin yang bekurang atau jika insulin ada insulin tersebut tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Insulin adalah suatu zat yang dihasilkan oleh getah pankreas yang sangat berperan dalam proses metabolisme dalam tubuh. Zat insulin berfungsi untuk mengubah kadar gula menjadi tenaga yang dapat digunakan oleh tubuh dalam beraktivitas. Penyakit diabetes tidak dapat benar - benr disembuhkan. Namun, kadar gula dalam tubuh dapat dikurangi atau dikontrol dengan sebaik – baiknya sehingga penderita tetap dapat hidup dengan normal. 

Ketika seseorang terkena atau menderita penyakit gula biasanya ketika penyakit tersebut dideteksi sudah dalam kondisi kronis. Hal ini bisa disebabkan oleh kemungkinan pendeirta menganggap enteng gejala – gejala yang mucul yang menjadi indikasi terjangkitnya penyakit ini. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang gejala – gejala yang muncul di awal terkena penyakit ini. untuk itu, berikut ini adalah penjelasan mengenai gejala awal yang muncul saat terkena penyakit ini dan penyebab terjangkitnya penyakit ini. 

Gejala Awal Penyakit Gula 
Ada beberapa hal yang dapat terasa di kala terkena penyakit ini. Sadari dan kenali sedini mungkin penyakit diabetes ini agar tidak menjadi lebih parah di kemudian hari. 

Berikut ini adalah gejala – gejalanya: 
  • Intensitas buang air kecil lebih sering atau menginkat sebelum hari – hari sebelumnya. 
  • Sangat sering merasa haus sehingga penderita penyakit ini akan selalu minum dalam jumlah yang banyak 
  • Berat badan secara terus menerus mengalami penurunan tanpa sebab walaupun takaran makan tetap sama. 
  • Mudah merasa lelah walaupun hanya bekerja ringan. 
  • Jika berolah raga akan merasa sangat cepat lelah bahkan cenderung tidak kuat untuk berolah raga. 
  • Sering mengalami kesemutan di berbaai anggota tubuh. 
  • Jika mengalami luka sulit atau lama untuk sembuh. Hal ini karena darah atau luka pada penderita mengandung gula 
Penyebab Terkena Penyakit Gula
  • Pola makan yang tidak terkontrol
  • Obesitas atau menderita kegemukan 
  • Tekanan darah yang tinggi 
  • Tubuh memiliki kadar kolesterol yang tinggi 
  • Karena faktor keturunan. Apabila keluarga inti sudah memiliki penyakit gula, maka keluarga inti yang lain juga beresiko untuk mengalami penyakit yang sama.

Diabetes atau penyakit gula dapat ditangani dengan mengubah pola makan. Penderita diabetes biasanya dianjurkan untuk melakukan diet diabetes dengan mengurangi asupan karbohidrat seperti tidak mengkonsumsi roti, nasi, atau makanan – makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes adalah kentang dan mengganti konsumsi gula biasa dengan madu atau menggunakan gula jagung. 
Jangan lupa baca juga beberapa artikel tentang kesehatan dan kecantikan disini.

0 komentar

Post a Comment