Penyakit Diabetes, gejala dan faktor penyebab

Tipssehat.org - Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sering dikenal oleh masyarakat kita dengan sebutan kencing manis atau sakit gula. Hal ini wajar mengingat penyakit diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah di dalam tubuh seseorang. Meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh itu sendiri disebabkan oleh gangguan sistem metabolisme tubuh dimana hormon insulin tidak diproduksi atau produksinya sangat minimal oleh organ pankreas sehingga tidak dapat mengolah gula.

Penyakit Diabetes, gejala dan faktor penyebab

Sedikitnya produksi zat insulin oleh pankreas membuat zat gula tidak dapat diproses. Insulin itu sendiri merupakan semacam senyawa atau hormon di dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mengolah atau mengubah zat gula menjadi energi atau sumber tenaga bagi tubuh untuk keperluan beraktivitas. Jika produksi insulin mengalami kendala atau fungsinya tidak dapat berjalan, maka zat gula dalam tubuh akan terus mengendap dan terus meningkat sehingga menyebabkan penyakit kencing manis. Lebih jauh mengenai penyakit kencing manis,berikut ini adalah penjelasan mengenai gejala dan faktor peyebab penyakit diabetes

Gejala Penyakit Diabetes :

Menderita penyakit kencing manis pasti bukanlah yang diinginkan semua orang. Kadar gula berlebih atau sakit gula harus segera ditanggulangi dengan tepat. Oleh karena itu penting sekali untuk mengenali gejala – gejala yang muncul untuk mengetahui apakah seseorang terserang penyakit yang satu ini. 
Gejala – gejala yang umum dialami oleh penderita kencing manis antara lain adalah: 
  • Meningkatnya intensitas atau frekuensi buang air kecil. 
  • Sering merasa haus dan ingin selalu minum. Hal ini timbul karena tubuh banyak mengeluarkan cairan. - Sangat mudah merasa lelah atau capek walaupun tidak bekerja berat. Hal ini terjadi karena gula di dalam tubuh tidak dapat diproses sehingga tidak menghasilkan energi. 
  • Menurunnya berat badan yang tidak efisien dan terus menerus walaupun nafsu makan bertambah atau sudah banyak mengkonsumsi makanan. 
  • Tidak dapat melakukan kegiatan yang menguras tenaga atau berolahraga dalam jangka waktu tertentu. 
  • Sering mengalami kesemutan di beberapa bagian tubuh. 
  • Jika mengalami luka gores atau sayat sukar mengering. Bila mengalami luka harus mendapat penanganan yang tepat. Pasalnya, luka yang tidak mudah kering berpotensi untuk menjalar sehingga luka bisa bertambah parah dan dapat membusuk bila dibiarkan.

Faktor Penyebab :
  • Faktor keturunan dari keluarga inti. Seseorang yang keluarganya menderita diabetes maka ia memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes 
  • Tingginya kolesterol dalam tubuh. 
  • Tekanan darah yang tinggi. 
  • Jarang berolahraga, kurang aktivitas yang melibatkan otot dan banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak dan kadar gula tinggi. 
  • Kurangnya produksi insulin akibat kurangnya gizi yang dikonsumsi tidak tercukupi atau karena virus. 
  • Berat badan yang berlebihan atau obesitas.
Semoga dengan mengetahui gejala-gejala dan faktor penyebab diabetes dapat kita cegah..

0 komentar

Post a Comment