Gizi Anak Usia Balita Sampai Usia Sekolah

Tipssehat.org - Anak merupakan anugrah terindah yang diberikan Tuhan pada setiap pasangan suami istri. Bahkan tidak ada satu pun kata – kata yang dapat mendefinisikan kebahagiaan orang tua karena anugrah ini sepertinya bernilai tidak terhingga. Karena anak merupakan sosok malaikat kecil titipan Tuhan, maka sebagai orang tua sepertinya sudah menjadi kewajiban mutlak untuk selalu menjaga dan merawat si buah hati hingga dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat dan dapat berguna bagi nusa dan bangsa.
Salah satu hal yang wajib para orang tua tahu, bahwa anak – anak apalagi di usia balita hingga sekolah biasanya belum dapat memilah makanan yang sehat dan aman untuknya. Sebagai orang tua, kita harus tahu asupan gizi yang dibutuhkan anak pada usia balita hingga usia sekolah. Gizi anak usia balita sampai usia sekolah dapat dicukupi oleh para orang tua dengan benar – benar memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anak. Hal ini tidak berarti kita menjadi over protektif terhadap anak tetapi merupakan upayauntuk selalu berhati - hati dan selalu mengontrol asupan makanan si buah hati agar apa yang dimakan oleh anak benar – benar bermanfaat untuk tubuhnya.

Bagi para orang tua yang saat ini masih belum mengetahui atau bingung dalam hal asupan gizi anak usia balita sampai usia sekolah yang harus tercukupi demi kesehatan dan tumbuh kembangnya si buah hati kini dan waktu dewasa nanti, Anda dapat menyimak beberapa asupan gizi dasar yang dibutuhkan anak pada usia balita hingga usia sekolah yaitu: 

Gizi Anak Usia Balita Sampai Usia Sekolah

Zat Besi 
Zat besi merupakan salah satu asupan zat yang harus terpenuhi sejak anak usia dini untuk pemenuhan kebutuhan sel darah merah di dalam tubuh. Jika asupan zat besi kurang dapat menyebabkan anak mengalami kekurangan sel darah merah atau anemia. Asupan zat besi alami dapat diperoleh dari makanan seperti daging, kuning telur, kedelai dan sayuran hijau.

Zat kapur 
Terpenuhinya kebutuhan zat kapur bagi balita dan anak sangat berguna untuk membentuk dan kesehatan tulang, melancarkan pertumbuhan gigi, dan membantu mempercepat proses mengeringnya luka. Zat kapur terkandung dalam makanan seperti susu, ikan dan telur. 

Zat fosfor 
Zat ini digunakan oleh tubuh anak dalam proses pembentukan tulang dan sel dalam tubuh dalam pertumbuhan. Zat fosfor banyak terkandung dalam daging, susu, biji-bijian dan sayur mayur. 

Zat Zodium 
Zat ini berguna untuk mencegah penyakit gondok. Zat ini terkandung dalam garam, sayuran serta ikan laut. 

Demikian beberapa asupan zat gizi yang penting untuk diperhatikan oleh para orangtua. Selain zat di atas, jangan lupa pula untuk memperhatikan asupan lainnya seperti karbohidrat, vitamin, protein, dan lemak yang sehat demi pertumbuhan anak anda. klik disini untuk melihat informasi lain tentang kesehatan dan kecantikan

0 komentar

Post a Comment